Produksi Televisi Part 2

STAFF DAN PRODUKSI

 

* produser * bertanggung jawab atas seluruh produksi , dari mulai perencanaan , penulisan naskah , produksi final dan editing . bertanggung jawab atas anggaran , biaya produksi dan merorganisir segala hal , termasuk operasi produksi dan team . untuk itu produser perlu di bantu oleh sejumlah assistant produser atau associate producer .

* program director  * bertanggung jawab atas hasil audio dan visual yang di ciptakan , mengarahkan pemain , mengkoordinir seluruh crew baik yang berada di control room maupun di studio floor . director juga harus memperhatikan beberapa monitor sekaligus , baik monitor camera atau dari sumber video yang lain  ( VTR ) , dan memilih shot _ shot yang akan di rekam ( ON AIR )

* assistant director * membantu program director dengan menyiapkan pemain , peralatan , dan bahan _ bahan yang akan di gunakan , juga mengarahkan anggota team produksi lainnya .

* production assistant * bertanggung jawab membantu produser , director , dan anggota crew yang lain , biasanya bekerja di control room dengan macam _ macam catatan , membuat perubahan _ perubahan yang perlu pada naskah ,  membagikan naskah kepada semua crew , menyiapkan bahan pendukung produksi , production assistant juga sering bekerja di studio floor , memegang cue card untuk pemain , membisikkan kepada pemain dialog yang harus di ucapkan apabila kelupaan selama latihan.

* technical director * bertanggung jawab dalam mermpersiapkan dan menyetel semua peralatan yang akan di pergunakan , supaya alat yang yang satu dengan lainnya bisa singkron , bertugas mengawasi crew technic dan peralatan  lainnya . technical director bertindak sebagai switcherman yang mengoperasikan peralatan videon mixer . 

* audio technician * bertanggung jawab pada bagian audio , dengan menghadapi peralatan mixing , audio mixer , dan bermacam _ macam sumber audio  ( microphone , tape recorder ) menagtur balans suara dari berbagai sumber juga mengatur penempatan microphone .

* lighting director * bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan tata cahaya , mengatur penempatan sumber cahaya , mengarahkannya , sehingga memperoleh efec yang di inginkan.

* art director * bertanggung jawab atas perencanaan setting dekorasi , mengawasi konstruksi set , penataan grafik , dan sebagainya .

* floor director * bertanggung jawa atas pelaksanaan produksi di dalam studio floor , melihat bahwa segalanya berlangsung dengan baik , bertindak sebagai penghubung untuk menyampaikan pesan – pesan program director pada crew dan pemain , memberi aba – aba ( cue ) atau tanda – tanda pada pemain setelah mendapat perintah dari sutradara .

* juru camera * mempersiapkan camera dan mengatur camera sehingga memperoleh gambar dengan komposisi yang baik.

* video tape operator * bertanggung jawab atas kualitas technic hasil rekaman pada VCR ( video cassette recorder ) , sekaligus mengoperasikannya .    

 

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Bila Ada Kekurangan atau Kesalahan.Silahkan Saran Dan Komentarnya

 
Copyright © Anomapshody