Produksi Televisi Part 1

Produksi televisi adalah suatu proses kreatif yang melibatkan penggunaan peralatan-peralatan yang rumit dan koordinasi sekelompok individu yang mempunyai kepekaan estetis dan kemampuan teknis untuk mengkomunikasikan pikiran dan perasaan kepada penonton.

 

Di bagian manapun kita berperan , harus di sadari bahwa proses produksi televisi adalah suatu team work. Bahkan dengan hanya sebuah camera praktis sekalipun , kita masih membutuhkan bantuan orang lain untuk memegang  microphone , lampu , reflektor , atau alat yang lain. Supaya kita memperoleh hasil yang maksimal. Lebih banyak peralatan yang kita gunakan , lebih banyak orang yang ambil bagian.

 

Jadi tugas utama dalam produksi televisi adalah bekerja dengan orang lain , baik yang berada di depan camera ( aktor , aktris , presenter ) ataupun yang berada di belakang

( crew produksi , teknisi , sutradara , dan yang sebagainya. )

 

 

PERALATAN PRODUKSI

Peralatan produksi televisi yang utama adalah camera . semua jenis camera video pada prinsipnya bekerja dengan cara yang sama . *** yaitu mengubah gambar optik yang di hasilkan oleh lensa mennjadi sinyal elektronic yang di namakan sinyal video ***

Sinyal ini akhirnya di ubah kembali oleh pesawat televisi menjadi gambar yang bisa di lihat oleh pemirsa.

Lensa adalah bagian dari yang terpenting dari camera *** lensa memiliki bagian pandangan tertentu dan menghasilkan gambar optik *** yang di teruskan ke permukaan tabung atau CCD *** ( Charge Choupled Device )

Ada bermacam jenis lensa  * lensa wide angle * * lensa standart * * lensa tele *

Akan tetapi yang biasa di pergunakan pada camera video adalah * lensa zoom *

Alat penyangga camera sangat penting untuk kestabilan gambar . dengan menggunakan treepode dan dolly atau pedestall . kita bisa menggerakkan camera di lantai studio secara luwes , membalik keararh lain , menaikkan camera atau menurunkannya , mengikuti obyek yang bergerak dengan stabil dan enak.

Seperti mata manusia , camera tidak dapat melihat tanpa sinar . pengetahuan tentang berbagai peralatan lighting ***( lampu filter , dimmer , reflektor )*** sangat penting .

Tanpa penyinaran yang baik , camera yang canggih sekalipun tak akan mampu menghasilkan gambar yang baik ,

Sebaliknya penataan lighting tak akan bisa membantu kita memperoleh gambar yang kita inginkan . apabila camera  tidak bisa melihat dengan baik.

Tujuan lighting supaya camera video cukup mendapatkan cahaya untuk melihat obyek **

Untuk mendapatkan kesan adanya ruang ** waktu dan suasana dari suatu adegan.


Walaupun dalam istilah televisi tidak termasuk audio , namun bagian suara juga  merupakan unsur yang penting , fungsi audio di dalam program televisi tidak hanya menyajikan informasi dari gambar ( visual ) saja , tetapi juga untuk menciptakan suatu suasana sebagai pendukungadegan , sehingga penonton bisa ikut merasakan peristiwa atau adegan yang sedang di pertunjukkan.

Gambar program televisi sering menggoda banyak orang untuk mengabaikan audio , maka audio dalam suatu produksi sering rendah kualitas dan mutunya. Untuk itu kita harus memberi perhatian khusus pada unsur-unsur produksi audio.

PERALATAN – PERALATAN LAINNYA.

·        video cassette recorder * ( VCR ) * alat perekam caset video

·        camera control unit * ( CCU ) * alat untuk mengatur camera , serta mencocokkan camera dengan peralatan lain , pengatur balans warna , video level dan diafragma * ( IRIS ) *

·        time base corrector , untuk mengoreksi kesalahan – kesalahan hasil rekaman , menstabilkan sinyal video dari VCR apabila di transfer ke peralatan lainnya.

·        Switcher , vision mixer atau di sebut juga special effects generator , untuk membuat perpindahan gambar dari satu sumber video ke sumber video lain , menciptakan special effects , memilih gambar dari satu sumber untuk di rekam * ( on air ) *

 

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Bila Ada Kekurangan atau Kesalahan.Silahkan Saran Dan Komentarnya

 
Copyright © Anomapshody